Rabu, 07 Oktober 2015

Cerita Pernikahan : Gedung, Dekorasi, dan Katering

Oke, orang macam apa yang baru cerita hari H setelah 18 bulan pernikahan? haha.
Orang banyak alasan kaya saya inilah.

Sempet bingung mau nulis apa ngga, karena yang saya rasain..esensi dari pernikahan ya pernikahannya itu sendiri kan, bukan gimana suksesnya acara resepsi?
Tapi setelah dipikir-pikir ulang, ngadain resepsi kan suatu anjuran, dan menampilkan sesuatu yang baik juga anjuran..

so.. saya memutuskan untuk menulis aja, siapa tau tulisan saya ini sedikitnya membantu para calon-calon pengantin. hehe siapa tau ada yang nyasar kesini kan. well hello :)

Namanya bikin acara, ya pasti banyak yang harus dipersiapkan, banyak hal yang dikorbankan terutama uang waktu dan perasaan (ya kan? hehe). Saya udah bertekad pokoknya bikin acara ini semaksimal mungkin usaha yang saya bisa, tapi ga ngoyo semua harus sesuai yang saya inginkan. Istilahnya banyak-banyak kompromi  supaya ga pusing juga. Saya minta temen deket juga untuk jadi pengingat kalau-kalau saya udah berlebihan. Mantranya : "yang penting nikah mah barokah fi" hehe.


1. Gedung Resepsi : Pusdai
    cp : Pak Nana (0813 20344528), Pak Indra (08122082237)
    kantor : 022 7216214    lokasi : Jl. Diponegoro no. 63

Awalnya ga dapet jadwal di Pusdai, akhirnya saya DP di gedung lain. eh tiba-tiba saya di telpon Pak Nana, kalau orang yg booking duluan ngebatalin. Setelah ngobrol sama keluarga, akhirnya diputuskan di Pusdai aja deh. Sebenernya alasan simpelnya karna di Pusdai lebih bisa nampung banyak orang.

Cerita dikit, sebelumnya saya pernah sempet debat  masalah banyaknya tamu. Saya pengennya nikah tuh tamunya dikit aja, saudara dan temen-temen yang saya kenal. Jadi saya bisa nyapa semua tamu yang datang, dan ga bingung saya salaman sama siapa. Tapi Ayah saya ga mungkin ga ngundang temen-temennya. Awalnya cukup berat hati sih. Ternyata di hari H saya bersyukur banget, dengan banyaknya tamu yang dateng, saya dan suami juga banyak di doain. Saya dan suami sepakat, momen didoain di pelaminan itu momen yang berkesan banget dan bikin hati nyesss.

Balik soal gedungnya, puas banget sih pake pusdai. Selain buat akad dan resepsi kita disediain juga ruang u/ rapat panitia (kalo hari H bisa dipake u/ keluarga). oh iya, kalau nikah di pusdai, ga usah pusing lagi nyari Qori, karena udah disediain dan ngajinya bagus banget.


Foto diatas adalah tempat serah terima pengantin. Lupa nama acaranya apa, yang jelas pengalungan melati, serah terima seserahan, dan sambutan dri 2 keluarga.  




Akadnya udah pasti di masjid. Masjidnya sendiri, menurut saya, ga perlu didekor lagi. Ornamennya udah cantik. Yang bikin saya suka banget sih langit-langitnya.


Yang mesti ditambah kalau sewa Pusdai mungkin soundsystemnya aja, soalnya waktu itu suaranya samar-samar ke pelaminan -tapi saya ga tau juga sih ini karna kalo jadi penganten emang fokusnya salaman aja apa gimana haha-

2. Dekorasi : Aksen Dekorasi 
    cp : iyan (08156065011)

Alasan pake aksen dekorasi karena kenalan si babeh hehe. Waktu itu duluan ketemuan sama pa iyan sebelum sama katering, eh taunya pa Iyan emang biasa kerjasama sama vendor kateringnya. klop lah jadinya.

Sebenernya kalo ditanya maunya kaya apa, pengennya sih ngulik banget dekornya. Secara kan anak desain, masa dekornya ga oke. Tapi setelah dipertimbangkan, saya nyerahin seluruhnya sama pak iyan aja. Saya gamau terlalu pusing sama keseluruhan detail pernikahan ini, jadi kalo bisa didelegasikan kenapa ngga? hehe. 

Saya ketemu pak iyan cuma sekali, ngebahas masalah layout dan gambaran kasar dekorasinya. Supaya ruangan bisa maksimal terpakai, saya minta karpet jalannya diarahkan ke sebelah kiri (bukan di tengah). Untuk dekornya, saya cuma minta nuansanya putih, dan jangan ada bunga merah. 













saya dan suami sempet kaget sih, ko pake bola disko. haha. Temen-temen juga nanyain, emang temanya disko ya? hahaha


ngga pake bunga merah, dikasihnya bunga pink.hehe . alasannya kalo pake bunga merah diantara bunga-bunga putih/kuning, kalau diliat dari jauh, jadi kurang bervolume. 

Overall saya puas sama hasilnya aksen dekorasi, yang bikin ganggu dikit cuma bola diskonya aja. haha. 

Oh iya, dinding gedung pusdai tuh nuansanya gold-maroon. Pernah dateng ke nikahan pake adat minang gtu. baguuus banget, semuanya kerasa nyatu. Kalau liat dari foto-fotonya aksen dekorasi, biasanya manten-manten yang milih warna diluar itu, pakai tambahan kain u/ nutup dindingnya. Tapi kalau saya, rasanya sayang banget ngeluarin uang untuk nutup dinding doang, hehe. Mending dipake buat hal lain yang lebih penting. 


3. Katering : Samudra Catering
    cp : dewi 082126888474
    http://www.samudracatering.com/




Pertama kali tau katering ini di nikahan temen, namanya calon manten, banding-banding harga sama katering lain, eh taunya katering ini terhitung murah dan enak. Beberapa kali test food, rasanya konsisten. Ditambah kantornya ga begitu jauh dari rumah, ya cuslah pilih samudra aja. 

Kalau menu yang dipilih, udah lupa bangeeet, dan catatannya hilang entah kemana. Yang paling diinget ya lidah keju dan baso tasik, soalnya favorit semua orang. Waktu itu nentuin menu minta pendapat uwa-uwa dan temen-temen juga, soalnya kalo makanan kan intinya buat tamu. Penganten mah nyicip doang. hehe

Kalau soal katering saya percayain sama uwa saya, biar bawel haha. Catatan saya u/ katering :
1. Tissue harus ada di setiap stall
2. Jangan pakai piring/mangkok styrofoam 
3. Ada meja kosong u/ menyimpan piring kotor
4. Makanan harus selalu hangat
5. Piring kotor segera diangkat 

Enaknya sama Samudra tuh fleksible. Kita bisa tuker fasilitas-fasilitas yang ga diambil, bisa di convert ke makanan atau pengurangan biaya. Ga perlu ribet bungkusin makanan buat keluarga besan juga, karena udah termasuk paket di Samudra. Oh iya yang paling penting, Bu Hj Nyinyi (ownernya) meyakinkan semua makanannya halal, termasuk alat-alat yang dipake untuk masaknya :)


hosh hosh, baru nulis segini aja udah cape, haha. Cerita dan reviewnya akan dilanjutkan dilain waktu.. SEMOGA dalam waktu dekat!! :p 









1 komentar:

  1. Dear Akang & Teteh Calon Pengantin,

    Salam hangat dari HIS Balai Sartika Bandung.

    Sebelumnya apakah Akang & Teteh sudah mendapatkan gedung pernikahan yang tepat untuk pernikahan Akang & Teteh? Jika belum, perkenalkan kami dari HIS Wedding Venue and Organizer Balai Sartika Convention Hall.

    HIS Wedding Venue & Organizer sudah berpengalaman menangani lebih dari 200 pernikahan dengan berbagai macam tema dan impian para pengantin. Kami dengan senang hati akan membantu menjadi bagian dari kesuksesan hari bahagia calon pasangan pengantin berikutnya.

    PAKET SUDAH TERMASUK :
    1. Venue full carpet di Balai Sartika Convention Hall.
    2. Catering - Bebas memilih vendor.
    3. Dekorasi all area - Bebas memilih vendor.
    4. Paket Make Up & Busana - Bebas memilih vendor.
    5. Dokumentasi Prewedding-Siraman-Akad-Resepsi.
    6. Music Entertainment - Bebas memilih vendor.
    7. Upacara Adat.
    8. MC Akad & Resepsi.
    9. Acara Adat Siraman & Pengajian.
    10. Wedding public relations & wedding planner untuk calon pengantin.
    11. Wedding executor by HIS.

    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
    1. Ballroom Full AC.
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal.
    3. Ruang rias ekslusif.
    4. 350 kursi permanen, sudah termasuk listrik 15.000 watt & genset.
    5. Service dari Wedding Public Relations, Wedding Planner & Wedding Executor di HIS Balai Sartika.
    6. Free Charge Kebersihan, Free Charge Masjid dan Akses Tol & Jalan Mudah.
    7. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin.
    8. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin.

    Jika Akang dan Teteh membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon atau Whatsapp di 087722707176 (Saskia Asyarina), atau Akang dan Teteh bisa langsung mengunjungi kantor HIS Balai Sartika di Jalan Suryalaya Indah no 1-3 Bandung.

    Berikut photo dan video lainnya bisa kunjungi
    INSTAGRAM : @his_balaisartika

    Diantos Akang Teteh..

    BalasHapus