Rabu, 27 Juni 2012

Mengobok-obok Lombok part 2

Hari pertama di Lomboook!
Saya dan ade saya, Fauzi, dikasih opsi nih selama di Lombok. Ikut gabung sama rombongan (yang berarti ikut kuliah lapangan) atau misah sendiri (yang berarti gatau mau kemana karna ga direncanain kan). Nah, berhubung hari kemarinnya saya ngobrol sama Bu dosen (Oh iya! Dosennya juga ikut loh!), dan beliau bilang, kuliah lapangannya bakal ke Gunung Rinjani. Ga mikir banyak dong saya dan Fauzi langsung milih buat ikut rombongan aja, udah jauh" ke Lombok masa ga ke Gunung Rinjani, ya kan? Siapa tau bisa liat danau Segara Anak juga.. 

Berangkatlah pagi itu..
Kesan Lombok yang gelap, sepi dan banyak pub, langsung berubah!! BANYAKAN MASJIDNYA! dan baru tau dari bapa supir, kalau Lombok emang terkenal dengan sebutan "Pulau Seribu Masjid". *Ketauan ga gaul
Banyak tuh asli banyak bangeeet,, tiap belokan ada, besar-besar dan bagus-baguuuus. Bahkan ada di beberapa tempat yang jarak mesjidnya ga sampe 50 m, ada juga yang depan-depanan. Kalau Solat Jum'at ganti"an tiap minggu. ckckckck.. Subhanallaaaah!
Adem deh adem ini Lombok! ga bakal kesusahan buat solat!
Sepanjang perjalanan ga keitung deh ada berapa masjid yang kelewat, emang cocok banget disebut Pulau Seribu Masjid..
Salah satu masjid yg dilewatin, tipikal mesjid Lombok:  kubahnya mencolok dan ada menara di sampingnya.

Perjalanan cukup lama juga tuh, sampe akhirnya kita ngelewatin jalan kecil yang cuma cukup satu mobil, tapi anehnya jalannya beraspal. Sempet mikir, aneh juga mau ke gunung tapi jalanan rata, tapi ya oke juga sih, kan mempermudah wisatawan.
Ga lama dari situ, rombongan berhenti di depan sekolah. Saya bingung karna ga ada tulisan "Selamat Datang di Kawasan Gunung Rinjani" atau tanda" lainnya. 
Ternyataaaaaa hahahahaha emang bukan di Rinjanii! Jadi, rombongan ini ngedatangin satu kelompok usaha tani gitu. Oalaaah pantesan.
(ingin ngepost banyak tentang "kuliah" di kelompok tani ini, tapi kayanya bakal kepanjangan hihi)
Singkatnya, kelompok tani yang didatangin tuh usahanya kopi, kopi" organik asli dari warga sekitar daerah situ, gimana mereka ngejalanin perekonomian mereka  sambil menjaga alam sekitar, gimana hubungannya sama pemerintah, sama kelompok tani lain, pokonya oke bgt lah. Cocok ditiru buat daerah lain.. biar lebih afdol akan ditulis di postingan berikut"nya.. (inget fi!)
oh iyaaa.. kopi lombok enak! Menurut saya yang suka kopi tapi lambungnya ga kuat, kopi lombok ini ringan,  ga bikin maag dan ga bikin sensasi asem di mulut. Aman.


Rombongan Mahasiswa ESL-IPB

Selesai berasik-asik kuliah dan minum kopi, rombongan balik lagi ke mobil, dan saya masih mikir kita bakal ke Rinjani. haha kasian. Ternyata kata pak supir, perjalanan sampe puncaknya Rinjani tuh bisa 12 jam kalau GA ISTIRAHAT.  Berarti butuh seharian bulak balik, itu pun tanpa istirahat. wew. Makanya banyak tuh travel-travel yg nyediain akomodasi tour Rinjani 3 hari 2 malam. Wajib banget nih balik lagi ke Lombok buat tour Rinjaninya. noted.
Akhirnya jalan-jalan lombok hari pertama kita habisin ke tempat tenun, ke tempat Suku Sasak (itu loh yg rumahnya di-pel pake kotoran kerbau), dan beli oleh-oleh karna ada beberapa orang yg bakal pulang besok harinya. Sayang banget pas hari pertama ini ga banyak foto-foto, dan menyesal karna ga sempet liat sunset, kejebak macet karna perbaikan jalan :(

Overall hari pertama di Lombok menyenangkan dan dapet banyak pelajaran (beneran pelajaran karna ikut kuliah haha)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar