Kamis, 16 Februari 2017

NHW #4 Mendidik dengan Kekuatan Fitrah


Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Ya, malah semakin bertambah yakin untuk mendalami ilmu Pendidikan Ibu dan Anak. Sebagaimana cita-cita saya dan suami untuk melahirkan anak-anak berkualitan yang siap menjadi khalifah, maka sebelum itu saya pribadi harus siap terlebih dahulu.

Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.
Untuk saya pribadi hal yang sulit adalah konsisten ketika keluar rumah. terutama apabila harus keluar kota atau menginap di tempat lain. Saya masih harus belajar konsisten dengan jadwal yg saya buat, dan adaptif dengan kondisi apapun.

Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.
Sejujurnya saya selalu dibuat bingung dengan pertanyaan ini, dan berakhir dengan membiarkan mengalir saja dan lihat kemana arus membawa. Sekarang, dimana saya sudah menjadi Ibu, saya tidak boleh membiarkan kebingungan dan kemengaliran ini. Gimana saya mau mendidik anak yg berprinsip kalau sayanya aja masih galau?

Saat ini saya adalah seorang Ibu, seorang pendidik, seorang yg sedang membangun peradaban.

Jurusan saya saat kuliah adalah desain. Hal itu pulalah yang paling membuat saya berbinar-binar. Saya senang sekali ketika  sedang membuat sesuatu. Sebelum hamil, beberapa kali saya membuat detail gaun pengantin dan aksesorisnya. Setelah ada Dalil, saya senang membuat barang-barang untuk dimainkan. Misalnya wayang boneka atau sensory board.

Maka saya simpulkan,
Misi Hidup: Mendidik anak menjadi Individu yang berkualitas 
Bidang: Pendidikan Ibu dan Anak
Peran: Edukator dengan tools kreatifitas

Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.
Nyontek dari kurikulum Ibu Septi, tahapan ilmu yang harus dikuasai :
1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
  • Ilmu mengenai tumbuh kembang anak, termasuk kesehatan dan gizi secara umum
  • Ilmu pendidikan anak berbasis fitrah
  • Ilmu-ilmu yang diperlukan untuk membersamai anak (misal: sirah nabawiyah untuk didongengkan, sains, dll)
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga

  • Ilmu mengenai manajemen waktu
  • ilmu mengenai keuangan keluarga muslim
  • Ilmu membereskan rumah dengan efisien (misalnya : metode Konmari)
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang


Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup
Saya menetapkan KM 0 pada usia 26 th, setelah saya amati saya bisa maksimal  untuk mencari ilmu dan mempraktikkannya 5 jam dalam sehari. Dengan teori 10.000 jam Gladwell berarti dibutuhkan 2000 hari untuk menjadi ahli.
Saya reaslistis aja, biasanya tidak setiap hari bisa seefektif itu (hehe). Mari kita kurangi weekend, libur merah, idul fitri, liburan sekolah (lah banyaak haha).

2000 jam  : 250 hari efektif = 8 tahun

jadi milestone saya:

KM 0 – KM 1 ( tahun 1-2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang (usia 26-28)
KM 1 – KM 2 (tahun 3-4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan (usia 28-30)
KM 2 – KM 3 (tahun 5-6 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif (usia 30-32)
KM 3 – KM 4 ( tahun 7-8) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha (usia 32-34)
Jadi kira-kira saya bisa mengklaim saya Ibu Profesional di Usia 34 tahun!!

Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

sudah

Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

Bismillahirrahmanirrahim.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar